SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI HADROH MARAWIS AL KAUTSAR TAPOS - DEPOK ::::::: MARI HIDUPKAN SENI ISLAMI DAN BUDAYA INDONESIA :::: 089 630 831 508 HADROH DAN MARAWIS AL KAUTSAR TAPOS - DEPOK
BASECAMP KAMI DI JL. RAYA TAPOS BELAKANG SDN CIMPAEUN II RT. 04 / 04 KEL. CIMPAEUN KEC. TAPOS - DEPOK ( RUMAH KANG ZEZEN SYUKRILLAH ) :::::::: BASECAMP KEDUA DI JL. RAYA TAPOS RT. 03 / 04 KEL. CIMPAEUN KEC. TAPOS - DEPOK ( RUMAH KANG NANANG )

Selasa, 26 Juli 2016

Sejarah tentang alat musik gambus

  



Gambus adalah sejenis alat musik petik yang berasal dari Timur tengah. Selain musik gambus, alat musik petik lainnya yang berasal dari TImur Tengah adalah mandolin. Gambus merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki fungsi sebagai pengiring tarian zapin dan nyanyian pada waktu diselenggarakan pesta pernikahan atau acara syukuran.Gambus merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki fungsi sebagai pengiring tarian zapin dan nyanyian pada waktu diselenggarakan pesta pernikahan atau acara syukuran.

Alat musik ini identik dengan nyanyian yang bernafaskan Islam. Dalam mengiringi penyanyi, alat musik ini juga diiringi dengan alat musik lain, seperti marwas untuk memperindah irama nyanyian. Bentuknya yang unik seperti bentuk buah labu siam atau labu air (My) menjadikannya mudah dikenal. Alat musik gambus juga dianggap penting dalam nyanyian Ghazal yang berasal dari Timur Tengah pada masa kesultanan Malaka. Kedatangan pedagang-pedagang Timur Tengah pada zaman Kesultanan Melayu Melaka telah membawa budaya masyarakat mereka dan memperkenalkannya kepada masyarakat di Tanah Melayu.

Ciri ciri alat musik gambus adalah sebagai berikut :
  • Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar.
  • Gambus dimainkan sambil diiringi gendang.
  • Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja.
  • Orkes gambus pernah membawakan acara irama padang pasir.
  • Orkes gambus mengiringi tari Zapin yang seluruhnya dibawakan pria untuk tari pergaulan.
  • Lagu yang dibawakan berirama Timur Tengah. Sedangkan tema liriknya adalah keagamaan.
  • Alat musiknya terdiri dari biola, gendang, tabla dan seruling.
Kini, orkes gambus menjadi milik orang Betawi dan banyak diundang di pesta sunatan dan perkawinan. Lirik lagunya berbahasa Arab, isinya bisa doa atau shalawat. Perintis orkes gambus adalah Syech Albar seorang Arab-Indonesia, bapaknya Ahmad Albar, dan yang terkenal orkes gambus El-Surayya dari kota Medan pimpinan Ahmad Baqi.

sumber : http://dunia-terang.blogspot.co.id/2013/08/sejarah-tentang-alat-musik-gambus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar